Tingkat Struktur Tubuh Manusia

Tingkat Struktur Tubuh Manusia


Suatu organisme terdiri dari sistem organ, sistem organ terdiri dari organ, organ terdiri dari jaringan, jaringan terdiri dari sel-sel, sel (sebagian) terdiri dari organel, organel terdiri dari molekul, dan molekul terdiri dari atom.

Tingkat Struktur Tubuh Manusia


Sebuah sistem organ adalah sekelompok organ yang melakukan fungsi dasar organisme seperti sirkulasi, respirasi, atau pencernaan. Tubuh manusia memiliki 11 sistem organ. Biasanya organ-organ pada suatu sistem organ secara fisik saling berhubungan, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra yang membentuk sistem perkemihan. Namun ada juga yang tidak terhubung dan berdekatan seperti sistem endokrin yang merupakan sekelompok kelenjar yang mensekresi hormon dan jaringan  dan sebagian besar tidak memiliki koneksi fisik satu sama lain.

Organ adalah struktur yang memiliki batas-batas anatomis yang pasti secara visual, dapat dibedakan dari organ-organ yang berdekatan, serta terdiri dari dua atau lebih jenis jaringan yang bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Sebagian besar organ dapat dilihat secara kasat mata. Namun, ada organ yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Kulit, misalnya, adalah organ terbesar dalam tubuh manusia. Namun di dalam kulit ada ribuan organ kecil: folikel rambut, kuku, kelenjar keringat, saraf, dan pembuluh darah.

Jaringan adalah massa sel yang sama dan produk sel yang membentuk wilayah organ dan melakukan fungsi tertentu. Tubuh manusia hanya terdiri dari empat kelas utama dari jaringan, yaitu: jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan saraf, dan jaringan otot. Histologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jaringan.

Sel adalah unit terkecil dari suatu organisme hidup. Sebuah sel tertutup dalam membran plasma yang terdiri dari lipid dan protein, dan biasanya memiliki satu nukleus, yaitu organel yang mengandung sebagian DNA dari sel. Sitologi merupakan ilmu yang  mempelajari sel dan organel.

Organel adalah struktur mikroskopis dalam sel yang melaksanakan fungsi tertentu. Organel meliputi inti sel, mitokondria, lisosom, sentriol, dan lain-lain. Organel dan komponen seluler lainnya terdiri dari molekul - partikel minimal dua atom yang bergabung dengan ikatan kimia. Molekul-molekul terbesar, seperti protein, lemak, dan DNA, disebut makromolekul.


Referensi:

Saladin, K. S. (2013). Human Anatomy 4th Edition. New York:  McGraw-Hill Education
PENTING!!!

Mohon SHARE dengan menekan tombol yang ada di atas sesuai akun yang Anda miliki (Facebook, Twitter, Google+, dll) jika postingan ini menarik dan bermanfaat menurut Anda :-)
Jangan lupa juga untuk memberikan tanggapan Anda di kolom KOMENTAR :-D
Setiap SHARE dan KOMENTAR yang Anda berikan adalah bentuk dukungan untuk situs kami ;-)

Anda diperbolehkan untuk melakukan rewrite ataupun remake (jangan REPOST 100%) konten dari artikel ini untuk dibagikan lewat BLOG/WEBSITE Anda, asalkan Anda mencantumkan link DOFOLLOW ke URL artikel ini serta tidak berbuat curang yang dapat merugikan kami ataupun orang lain!
Marilah kita saling menghargai jerih payah dan hasil karya orang lain :)

Title : Tingkat Struktur Tubuh Manusia
URL : http://saintiskesehatan.blogspot.com/2016/04/tingkat-struktur-tubuh-manusia.html

Related Posts

Previous
Next Post »