Rongga dan Membran pada Tubuh Manusia

Rongga dan Membran pada Tubuh Manusia


Dinding tubuh membungkus beberapa rongga tubuh, masing-masing dilapisi dengan membran dan terdapat organ yang disebut visera.

Rongga dan Membran pada Tubuh Manusia

Rongga Kranial dan Kanal Vertebra

Rongga tengkorak tertutup oleh tulang tengkorak dan berisi organ otak. Kanal vertebra tertutup oleh kolom tulang belakang (spine, backbone) dan berisi sumsum tulang belakang. Keduanya dilapisi oleh tiga lapisan membran yang disebut meningen. Di antara fungsi lainnya, meningen melindungi jaringan saraf halus dari tulang pelindung keras yang membungkusnya, dan menghubungkan sumsum tulang belakang ke kolom vertebral dan membatasi gerakannya.

Rongga Dada (Thoraks)

Selama perkembangan embrio, ruang yang disebut coelom terbentuk pada tubuh manusia. Ini kemudian dipartisi oleh selembar otot, yaitu diafragma, menjadi rongga dada di atas dan rongga abdominopelvis di bagian bawah. Kedua rongga ini dilapisi dengan membran serosa tipis, yang mengeluarkan lapisan pelumas mirip dengan serum darah.

Rongga dada dibagi dengan partisi tebal yang disebut mediastinum. Bagian ini adalah daerah antara paru-paru yang membentang dari pangkal leher ke diafragma, diisi oleh organ jantung, pembuluh darah besar, esofagus, trakea dan bronkus, serta kelenjar yang disebut timus. Sebuah membran serosa dua lapis disebut perikardium membungkus jantung. Lapisan dalam dari perikardium membentuk permukaan jantung itu sendiri dan disebut perikardium viseral (epikardium). Lapisan luar disebut perikardium parietal. Ia terpisah dari perikardium viseral oleh ruang yang disebut rongga perikardial. Ruang ini dilumasi oleh lapisan tipis cairan perikardial.

Rongga dada sisi kanan dan kiri berisi paru-paru. Sebuah membran serosa yang disebut pleura membungkus setiap organ paru-paru. Seperti perikardium, pleura memiliki lapisan viseral (dalam) dan parietal (luar). Pleura viseral membentuk permukaan luar paru-paru, sedangkan pleura parietal melapisi bagian dalam tulang rusuk. Ruang sempit di antara mereka disebut rongga pleura yang dilumasi oleh cairan pelumas pleura (surfaktan).

Rongga Abdominopelvis

Rongga abdominopelvis terdiri dari rongga perut di bagian atas dan rongga panggul di bagian bawah. Rongga perut mengandung sebagian besar organ pencernaan serta limpa, ginjal, dan ureter. Terus ke bawah rongga perut ada rongga panggul (tidak ada dinding yang memisahkan mereka), tetapi dapat dikenali dengan bentuknya yang sempit dan agak miring. Rongga panggul berisi rektum, kandung kemih, uretra, dan organ reproduksi.

Rongga abdominopelvis berisi membran serosa dua-lapis yang disebut peritoneum. Peritoneum parietal melapisi dinding rongga. Peritoneum viseral bergulir ke dalam membungkus viseral abdomen (organ dalam abdomen), mengikat mereka ke dinding tubuh dan menjaga organ tersebut tetap berada di tempatnya. Rongga peritoneum adalah ruang antara lapisan peritoneum parietal dan visceral, ia dilumasi oleh cairan peritoneal.


Referensi:

Saladin, K. S. (2013). Human Anatomy 4th Edition. New York:  McGraw-Hill Education
PENTING!!!

Mohon SHARE dengan menekan tombol yang ada di atas sesuai akun yang Anda miliki (Facebook, Twitter, Google+, dll) jika postingan ini menarik dan bermanfaat menurut Anda :-)
Jangan lupa juga untuk memberikan tanggapan Anda di kolom KOMENTAR :-D
Setiap SHARE dan KOMENTAR yang Anda berikan adalah bentuk dukungan untuk situs kami ;-)

Anda diperbolehkan untuk melakukan rewrite ataupun remake (jangan REPOST 100%) konten dari artikel ini untuk dibagikan lewat BLOG/WEBSITE Anda, asalkan Anda mencantumkan link DOFOLLOW ke URL artikel ini serta tidak berbuat curang yang dapat merugikan kami ataupun orang lain!
Marilah kita saling menghargai jerih payah dan hasil karya orang lain :)

Title : Rongga dan Membran pada Tubuh Manusia
URL : http://saintiskesehatan.blogspot.com/2016/04/rongga-dan-membran-pada-tubuh-manusia.html

Related Posts

Previous
Next Post »